Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa sebenarnya keluhan spam itu?

 

Apa sebenarnya keluhan spam itu?

Saat Anda mengirim email ke penyedia kotak masuk utama seperti Gmail, Microsoft, atau Yahoo/AOL, penerima Anda memiliki opsi untuk mengeklik tombol “Spam” atau “Sampah” untuk mengajukan keluhan spam – laporan kembali ke penyedia kotak masuk mereka bahwa email tidak diinginkan atau tidak diharapkan. Penyedia kotak masuk kemudian akan menambahkan keluhan ke catatan yang disebut reputasi pengirim Anda, yang merupakan riwayat terkini dari perilaku pengiriman email Anda yang digunakan untuk menentukan apakah email dari Anda harus diterima dan ditempatkan di kotak masuk. Banyak penyedia kotak masuk juga akan mengirimkan keluhan spam kembali kepada Anda atau server/penyedia email Anda melalui loop umpan balik (FBL) sehingga penerima dapat ditambahkan ke daftar penghapusan Anda, yang biasanya ditangani secara otomatis oleh penyedia Anda. Manfaat sampingan dari loop umpan balik adalah Anda juga dapat melacak keluhan spam sebagai bagian dari catatan reputasi pengirim Anda sendiri. Perubahan dalam metrik reputasi Anda dapat berfungsi sebagai peringatan yang berguna untuk masalah dengan strategi atau implementasi pemasaran Anda. 

0,1%

Sepintas, satu keluhan spam mungkin tampak sebagai cacat kecil pada reputasi pengiriman email Anda, tetapi toleransi penyedia kotak masuk terhadap keluhan rendah karena tidak semua orang yang menerima spam akan melaporkannya: batas standar industri adalah satu keluhan per satu ribu email (1/1000 atau 0,1%). Apa pun yang melebihi ambang batas dapat memengaruhi reputasi pengirim Anda dan, pada gilirannya, penempatan kotak masuk Anda.

Jika Anda mengirim pemasaran email dalam volume tinggi, wajar jika ada beberapa keluhan spam. Seiring waktu, kemungkinan besar akan ada setidaknya satu orang yang salah klik, mengira tombol "laporkan spam" sama dengan tombol berhenti berlangganan, menderita cat di keyboard, atau hanya mengalami hari yang buruk. Pada dasarnya itulah yang diperhitungkan oleh tarif 0,1%: keluhan yang benar-benar tidak dapat Anda kendalikan. Apa pun di luar itu merupakan indikasi masalah sistemik yang perlu ditangani di pihak pengirim.

Mengapa Saya Mendapatkan Keluhan Spam yang Berlebihan?

Pemasaran email menyediakan hubungan satu-ke-banyak dengan penerima Anda, yang berarti bahwa praktik pemasaran apa pun yang Anda lakukan dapat memengaruhi pengalaman semua penerima Anda sekaligus, baik atau buruk, tergantung pada praktiknya. Jika Anda memiliki keluhan spam yang berlebihan, langkah pertama adalah mengidentifikasi praktik pemasaran yang dapat menyebabkan keluhan dalam skala besar. Berikut ini adalah beberapa praktik umum yang akan menghasilkan email yang tidak diinginkan atau tidak diharapkan:

  • Tidak mendapatkan izin eksplisit untuk pemasaran
    • Termasuk izin yang tersirat/tidak jelas.
  • Tidak menetapkan atau memenuhi harapan penerima untuk konten, frekuensi, atau identitas
      • Penerima mungkin tertunda jika Anda tidak memenuhi harapan mereka untuk: Konten apa yang akan Anda kirim, kapan dan seberapa sering Anda akan mengirim, dan dari siapa email itu (merek, logo, alamat pengirim).
  • Mengirim ke kontak lama/tidak terlibat
    • Penerima sering lupa bahwa mereka berlangganan.
  • Mengirim ke penerima yang seharusnya ditekan
    • Terjadi jika daftar penindasan Anda tidak ada atau proses penindasan Anda tidak berfungsi. Jika Anda mengubah penyedia, Anda bertanggung jawab untuk membawa daftar penindasan Anda.
  • Mengumpulkan alamat yang salah atau data yang buruk
    • Bisa jadi kebetulan (salah ketik alamat email) atau disengaja ("Saya tidak ingin menjadi spam jadi saya memberi Anda alamat palsu").

Dalam banyak kasus, lebih dari satu praktik ini akan berkontribusi pada masalah, dan pasti ada penyebab lain di luar sana juga. Jadi, alih-alih berupaya melacak semua praktik potensial yang dapat menyebabkan email menjadi tidak diinginkan atau tidak terduga, lebih mudah untuk secara sengaja memastikan bahwa email akan diinginkan dan diharapkan dengan terlibat dalam praktik terbaik standar industri yang diketahui memberikan hasil: mendapatkan izin eksplisit, menggunakan konfirmasi email , dan melakukan kebersihan daftar secara teratur .

Menindaklanjuti:

Bertindak! CRM dan Otomasi Pemasaran dapat membantu Anda mengelompokkan dan mengelola daftar distribusi dengan benar dan mengotomatiskan alur kerja email Anda untuk membantu melindungi reputasi pengirim Anda.

Posting Komentar untuk "Apa sebenarnya keluhan spam itu?"