Keterampilan manajemen waktu: Bagaimana mengatur waktu Anda
Keterampilan manajemen waktu yang efektif lebih penting daripada sebelumnya di dunia modern kita. Dengan meningkatnya tuntutan pada kehidupan profesional dan pribadi kita, meningkatkan cara kita mengelola waktu dapat membantu kita mencapai tujuan, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.
Apa itu manajemen waktu?
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana beberapa orang tampaknya memiliki semua waktu di dunia? Mereka bergerak mulus dari satu tugas ke tugas berikutnya, menandai proyek profesional dan pribadi dengan mudah. Namun, yang lain berjuang dengan daftar tugas yang tidak pernah berakhir dan tenggat waktu yang membayangi.
Ini bukan sihir – hanya teknik manajemen waktu yang baik. Keterampilan ini datang secara alami untuk beberapa orang, tetapi mereka juga merupakan sifat yang dapat dipelajari dan dikembangkan.
Manajemen waktu pada dasarnya adalah kemampuan untuk memprioritaskan waktu Anda secara efektif melalui proses perencanaan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Kedengarannya sederhana, tetapi seperti yang dijelaskan oleh Alex Cowen dari Darden School of Business, dalam kursus mereka tentang Manajemen Produk Digital , “orang punya waktu tetapi mereka juga memiliki jumlah energi yang terbatas”. Teknik manajemen waktu efektif ketika mereka memanfaatkan energi yang tersedia dan menggunakannya secara paling produktif.
Mengapa keterampilan manajemen waktu penting?
Keterampilan manajemen waktu membantu individu bekerja lebih produktif, mengurangi stres dan meningkatkan hasil keseluruhan dalam situasi akademik, pekerjaan, bisnis, dan bahkan waktu luang. Dengan membangun kebiasaan manajemen waktu yang lebih baik, Anda dapat lebih berhati-hati dalam menghabiskan waktu dan belajar memprioritaskan dan bekerja dengan lebih efektif. Anda dapat mempelajari cara menjadi lebih produktif di artikel terakhir kami, yang mungkin juga berguna untuk manajemen waktu.
Selama pandemi dan peningkatan berikutnya dalam pekerjaan rumahan , mengelola waktu secara efektif tidak pernah menjadi lebih penting bagi orang-orang. Ketika garis antara pekerjaan dan kehidupan rumah menjadi kabur, menjadi semakin penting bagi pekerja, pelajar, dan keluarga untuk dapat merencanakan hari-hari mereka secara efektif. Bekerja lebih cerdas, belum tentu lebih keras menjadi tujuan banyak orang.
Siswa, terutama mereka yang memiliki komitmen lain seperti keluarga atau pekerjaan, mendapat manfaat dari teknik manajemen waktu untuk menjaga studi mereka tetap pada jalurnya. Memperbaiki teknik-teknik ini membantu membangun kepercayaan diri dalam studi mereka dan memungkinkan mereka mengembangkan keterampilan seumur hidup dalam belajar untuk memprioritaskan tugas-tugas yang mendesak dari tugas-tugas yang bisa menunggu.
Ini bermanfaat tidak hanya untuk studi langsung mereka tetapi juga di kemudian hari dalam kehidupan kerja. University of Leeds menyoroti manfaat keterampilan manajemen waktu di universitas dalam kursus mereka Keterampilan untuk Sukses di Universitas .
Bagaimana meningkatkan keterampilan manajemen waktu
Banyak orang berjuang untuk mengetahui bagaimana mengatur waktu mereka . Jika Anda ingin mempelajari cara meningkatkan keterampilan manajemen waktu Anda, berikut adalah strategi, kiat, dan kursus terbaik kami yang dirancang untuk membantu meningkatkan produktivitas Anda.
Strategi manajemen waktu
Mencari beberapa strategi manajemen waktu yang telah dicoba dan diuji? Di bawah ini kami membahas empat strategi yang telah terbukti membantu orang mengatur waktu mereka secara lebih efektif dan merasa lebih baik dalam prosesnya.
1. Teknik Pomodoro
Dikembangkan pada 1980-an oleh penulis Francesco Cirillo, sistem manajemen waktu ini mendorong pengguna untuk mengidentifikasi tugas-tugas yang dapat ditindaklanjuti dan kemudian mengatur timer (biasanya 25 menit) untuk mendedikasikan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas ini tanpa gangguan atau jeda. Sistem ini mendorong orang untuk bekerja dengan waktu yang mereka miliki dan menyoroti bagaimana gangguan zaman modern seperti telepon, media sosial, dan budaya 24/7 kita menghabiskan waktu kita. Tanpa gangguan ini, kita dapat menyelesaikan tugas dengan cepat dan efisien.
2. Makan Katak Itu
Teknik ini dikembangkan oleh pembicara motivasi Brian Tracy, mengambil inspirasi dari kutipan terkenal Mark Twain, "Makan katak hidup di pagi hari dan tidak ada hal buruk yang akan terjadi pada Anda sepanjang hari." Katak mewakili tugas terburuk hari Anda – tugas yang kemungkinan besar akan Anda tunda, tetapi dengan melakukan itu, Anda juga akan menghalangi sisa tugas Anda. Dengan menangani tugas ini terlebih dahulu – memakan katak – segala sesuatu yang lain akan tampak lebih mudah diatur dibandingkan.
3. Menyelesaikan Sesuatu (GTD)
David Allen, seorang konsultan manajemen, menciptakan metode GTD untuk membantu pengguna mengelola pekerjaan dan waktu mereka dengan lebih baik. Konsep ini melibatkan daftar semua tugas luar biasa dari kecil hingga besar. Individu kemudian menyelesaikan tugas-tugas kecil dan sederhana terlebih dahulu, hanya menyisakan tugas-tugas yang lebih besar dan lebih kompleks. Ini kemudian dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dikelola dan diselesaikan.
Prinsip utama dari strategi ini adalah bahwa dengan menuliskan tugas, perhatian terfokus pada tugas itu sendiri, daripada mencoba mengingat apa yang perlu dilakukan. Ini mengurangi perasaan kewalahan dan kecemasan, yang terlalu akrab ketika berhadapan dengan banyak tugas.
4. Aturan 80/20
Dikenal sebagai Prinsip Pareto, aturan 80/20 menegaskan bahwa 20% dari output Anda akan menghasilkan 80% dari hasil Anda. Oleh karena itu, dengan berkonsentrasi pada 20% aktivitas itu, Anda dapat mencapai hasil maksimal dalam waktu singkat. Bekerja lebih cerdas – bukan lebih keras. Aturan 80/20 dapat diterapkan di hampir semua bidang kehidupan, termasuk diet, olahraga, pekerjaan, dan studi.
Ini adalah strategi yang sangat baik dalam hal manajemen waktu. Anda dapat menganalisis di mana Anda saat ini menghabiskan waktu Anda, memantau hasilnya dan kemudian menyesuaikan aktivitas Anda untuk memaksimalkan hasil Anda dengan memberikan perhatian yang lebih besar pada aktivitas bernilai tinggi.
6 tips manajemen waktu teratas
Jika Anda masih merasa terganggu dan tidak produktif, cobalah beberapa kiat manajemen waktu kami untuk membuat Anda kembali ke jalur semula. Ini dapat membantu Anda memulai untuk menyelesaikan tugas Anda secara produktif.
1. Buat rencana
Mulailah hari dengan rencana yang jelas tentang tugas yang harus Anda selesaikan. Anda dapat melakukan ini dengan membuat daftar tertulis, mengatur pengingat di ponsel Anda atau menggunakan perangkat lunak penjadwalan. Centang tugas Anda saat Anda menyelesaikannya sehingga Anda dapat memantau kemajuan Anda.
2. Batasi gangguan
Dengan mengalihkan ponsel Anda ke mode pesawat, atau hanya mematikan notifikasi untuk email dan media sosial, Anda dapat membatasi gangguan Anda. Ada juga aplikasi yang tersedia untuk membantu Anda. Setel pengatur waktu untuk memeriksa email atau pesan Anda pada interval 30 menit, alih-alih terus-menerus terhubung dan terganggu.
3. Tetapkan rutinitas yang dipersonalisasi
Menetapkan rutinitas yang sesuai dengan gaya produktivitas Anda akan membantu Anda menggunakan hari Anda secara efektif. Jika Anda lebih produktif di pagi hari, jadwalkan tugas-tugas dengan prioritas tinggi di pagi hari. Orang lain mungkin tidak mencapai periode paling efisien mereka sampai setelah makan siang. Bekerja dengan ritme alami Anda dan menetapkan rutinitas yang dapat Anda patuhi adalah inti dari manajemen waktu yang efektif.
4. Istirahatlah
Sama pentingnya dengan menjadwalkan waktu produktif Anda, juga penting untuk memberi diri Anda waktu untuk bersantai. Meluangkan waktu untuk memutuskan hubungan dari pekerjaan Anda akan memungkinkan Anda untuk kembali ke tugas-tugas segar, seringkali dengan fokus baru. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang perhatian dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan produktivitas, Perhatian untuk Kesejahteraan dan Kinerja Puncak mungkin merupakan kursus yang sempurna untuk Anda.
5. Fokus pada satu tugas
Anda mungkin telah mengidentifikasi beberapa tugas penting yang memerlukan perhatian Anda, tetapi tetap penting untuk hanya fokus pada satu per satu. Beberapa orang mungkin melihat multitasking sebagai lencana kehormatan, tetapi pada kenyataannya, fokus pada satu tugas pada satu waktu menghasilkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik.
6. Terorganisir
Mengatur ruang kerja fisik dan lingkungan digital Anda akan membantu menghilangkan gangguan dan meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk mencari materi atau informasi. Meskipun beberapa orang masih dapat bekerja secara efektif di lingkungan yang berantakan, memiliki keterampilan organisasi yang baik dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.
Alat manajemen waktu
Ada banyak alat yang tersedia yang berfokus pada pentingnya manajemen waktu dan membantu pengguna memprioritaskan pekerjaan mereka dan meningkatkan produktivitas. Berikut adalah beberapa alat utama yang digunakan oleh mahasiswa dan profesional. Lebih banyak contoh dapat ditemukan di kursus Manajemen Waktu Universitas Leeds di Universitas .
- Kalender – Baik itu buku harian meja, perencana atau Google Kalender, sistem perencanaan kalender yang tepat adalah salah satu alat manajemen waktu yang paling membantu.
- Perangkat lunak pencatat – Perangkat lunak seperti Evernote dan OneNote menyediakan pilihan pencatatan dan perencanaan proyek yang efektif.
- Pelacakan waktu – Aplikasi Pomodoro tertentu tersedia seperti Pomodario atau versi desktop Tomighty. Ini adalah sumber daya yang bagus untuk membantu Anda membangun kebiasaan produktivitas baru.
- Aplikasi produktivitas – Cukup menggunakan mode pesawat telepon Anda bisa efektif ketika Anda ingin fokus. Namun, ada juga alat online yang tersedia untuk membantu Anda menjadi lebih produktif. StayFocused adalah aplikasi Google yang memungkinkan Anda menetapkan batasan pada situs web yang Anda tahu akan mengalihkan perhatian Anda. Ingat Itu, Milk dan 2Do adalah aplikasi daftar tugas yang berorientasi pada tujuan yang berguna.
Posting Komentar untuk "Keterampilan manajemen waktu: Bagaimana mengatur waktu Anda"