SEO 101: Mengenal External Links / Backlink

SEO 101: Mengenal External Links / Backlink

  • Post category:SEO
  • Post comments:0 Comments

External Links adalah tautan yang ditemukan di situs web eksternal yang mengarah ke domain Anda. Tautan ini sering dianggap sebagai salah satu sumber terpenting untuk peringkat tinggi di Google dan mesin pencari lainnya, karena mereka menceritakan kisah tentang apa yang orang lain katakan tentang Anda.

Membangun External Links / Backlinks

Mendapatkan situs web eksternal untuk menautkan kembali ke milik Anda adalah bagian yang paling sulit, dan bervariasi tergantung pada sektor apa Anda berada. Misalnya, sebuah perusahaan di sektor pengembangan web seperti kita dapat menempatkan External Links kita sendiri (umumnya di footer) setelah kami membangun situs web untuk klien.

External Links jauh lebih berpengaruh daripada tautan internal. Faktor lain yang mempengaruhi tautan eksternal dan signifikansi peringkatnya adalah:

  • Teks Anchor yang digunakan dalam tautan.
  • Kepercayaan dari domain yang terhubung.
  • Popularitas halaman yang menghubungkan.

Teks jangkar yang digunakan dalam External Links harus relevan dengan situs web Anda, lebih disukai frasa yang dapat dicari orang ketika mencoba menemukan situs web Anda. Kami cenderung menggunakan frasa seperti ‘Desain Web Liverpool’ yang bekerja sangat efektif. Penting juga diketahui untuk tidak terlalu sering menggunakan kata kunci atau frasa sandi tertentu, karena dapat diambil sebagai spam dan dapat merugikan Anda. Karena itu, ada baiknya sedikit mengguncangnya dengan menggunakan kata-kata yang berbeda (namun masih relevan).

Pentingnya Anchor Text sebuah External Links

Pentingnya anchor text sehubungan dengan strategi penautan tidak dapat dilebih-lebihkan. Backlink adalah bagian besar dari algoritma mesin pencari. Saat memulai kampanye penautan, sangat penting bahwa situs eksternal menautkan menggunakan kata kunci dan istilah yang sesuai dalam teks jangkar.

Hampir selalu, menghubungkan calon akan menggunakan nama perusahaan sebagai teks jangkar. Ini tidak memberikan deskripsi apa pun tentang produk atau layanan perusahaan target. Tentu, ini bagus untuk tujuan branding, tetapi biasanya tidak diperlukan. Dalam kebanyakan kasus, perusahaan sudah mendapat peringkat sangat tinggi (jika bukan yang pertama) untuk pencarian yang menggabungkan merek mereka.

Berikut adalah contoh menggunakan perusahaan fiksi “Acme Plumbing Supplies”:

Kebanyakan orang akan menautkan hanya menggunakan istilah “Acme”. Ini baik-baik saja, tetapi tidak menggambarkan produk atau layanan perusahaan, atau menyediakan konteks apa pun. Dengan menambahkan kata “pipa ledeng” atau istilah “pasokan pipa ledeng” (mis. “Pipa Acme” atau “Pipa Acme Pasokan”), Anda mungkin dapat mengarahkan lalu lintas tambahan yang mungkin tidak dapat mencapai situs perusahaan.

Tinggalkan Balasan