SEO, SEM, dan SMO dalam Pemasaran Digital: Apa Perbedaannya?

  • Post category:Umum
  • Post comments:0 Comments

Agen pemasaran digital menawarkan berbagai layanan untuk meningkatkan visibilitas online Anda dan menjangkau pelanggan potensial. Tapi apa yang mungkin membingungkan banyak startup dan pemilik usaha kecil adalah tiga istilah yang terdengar mirip tetapi sebenarnya memiliki penawaran yang sangat berbeda: SEO, SEM, dan SMO.

Ketiga layanan ini – optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran mesin pencari (SEM), dan optimasi media sosial (SMO) – adalah produk yang disediakan oleh banyak perusahaan pemasaran digital. Dan bertentangan dengan apa yang Anda pikirkan, tidak ada istilah yang terbatas pada strategi pemasaran digital dari perusahaan yang lebih besar dan lebih mapan; usaha kecil dan menengah juga dapat mengambil manfaat dari ketiganya. Tetapi apa perbedaan antara masing-masing layanan ini?

Sebagai permulaan, kami dapat memberi tahu Anda bahwa satu kesamaan yang dimiliki ketiganya adalah bahwa mereka digunakan untuk membantu strategi pemasaran online Anda dengan meningkatkan kesadaran dan visibilitas pelanggan Anda. Beberapa pelanggan mungkin sudah tahu tentang Anda, tetapi jika Anda tidak menempatkan diri di luar sana untuk calon pelanggan yang mencari bisnis seperti Anda, Anda menyia-nyiakan peluang pendapatan tambahan.

Namun, bagaimana SEO, SMO, dan SEM menjangkau pelanggan potensial tersebut, berbeda-beda.

Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM)

SEM adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari. Ini umumnya dilakukan dengan dua cara: melalui lalu lintas organik dari SEO atau melalui lalu lintas berbayar dari iklan PPC. Ini berarti bahwa jasa SEO adalah bagian dari SEM, tetapi SEM hanya menjadi bagian dari keseluruhan strategi pemasaran digital Anda.

Kami akan membahas lalu lintas organik di bawah SEO nanti, jadi kami akan menjelaskan apa itu iklan penelusuran berbayar dan keuntungannya. Alih-alih perlahan-lahan mencoba membangun situs web Anda melalui SEO untuk mendapatkan lalu lintas gratis (dan bahkan saat itu pun Anda tidak dijamin posisi teratas untuk kata kunci), membeli ruang iklan di mesin pencari akan langsung membawa Anda ke bagian depan hasil pencarian.

Ini adalah strategi yang baik jika model bisnis Anda benar-benar dapat untung dari layanan PPC (bayar per klik). Katakanlah bahwa bisnis Anda adalah restoran cepat saji dan ketika pelanggan melakukan pencarian Google untuk nama bisnis Anda, Anda memiliki iklan berbayar yang menghubungkan ke halaman pengiriman online situs web Anda. Karena sangat mungkin bahwa orang yang mengklik iklan ini akan melakukan pembelian, biaya untuk membayar klik akan dengan mudah diimbangi dengan pendapatan yang Anda buat.

Iklan berbayar juga merupakan strategi yang baik jika bisnis Anda memiliki acara jangka pendek seperti penjualan yang ingin Anda iklankan. Sementara beberapa bisnis dapat mempertahankan iklan jangka panjang, mungkin tidak praktis bagi beberapa bisnis untuk menggunakan iklan berbayar sepanjang waktu ketika mungkin lebih bermanfaat untuk menggunakan SEO dalam jangka panjang.

Search Engine Optimization / SEO

Search Engine Optimization / SEO

SEO adalah subset dari SEM di mana situs web Anda dapat naik peringkat mesin pencari secara organik dengan mengoptimalkan detail situs web Anda sehingga, dalam algoritma Google, itu akan terlihat seperti situs web otoritas dan para pengguna bisnis kemungkinan besar akan mencari.

Saat Anda membayar agen pemasaran digital untuk melakukan SEO di situs web Anda, lalu lintas, posisi di mesin pencari, dan klik semuanya gratis. Dan sementara itu mungkin memerlukan waktu untuk melihatnya membangun di mesin pencari, SEO ketika dilakukan dengan benar dapat menjaga situs web Anda di atas hasil mesin pencari bahkan jika Anda mengurangi anggaran pemasaran digital Anda.

SEO dapat dilakukan melalui beberapa cara: melalui SEO teknis di mana Anda memastikan bahwa mesin pencari dapat merayapi dan mengindeks situs web Anda dengan benar untuk kata kunci yang tepat; SEO di tempat di mana Anda dapat mengoptimalkan konten di halaman dan memastikan semua yang ada di dalamnya dapat meningkatkan cara algoritma Google melihat situs web Anda; dan SEO off-site seperti membangun backlink dari situs web lain sehingga Google akan tahu bahwa situs web Anda adalah situs web yang dapat diandalkan dan sumber otoritas.

Ada juga metode lain untuk meningkatkan SEO Anda. Layanan desain web, misalnya, membuat situs web terlihat lebih indah dan dapat diandalkan, sementara layanan pengembangan web membuat situs web berfungsi sehingga pengunjung dapat membuka halaman kontak atau melakukan pembelian dengan klik sesedikit mungkin. Mengingat bahwa desain situs web dapat memengaruhi cara pengguna melihat kepercayaannya dan bahwa pengguna dapat meninggalkan situs web jika sulit dinavigasi atau menemukan apa yang mereka cari, desain web dan layanan pengembangan web dapat memengaruhi tingkat pentalan situs web Anda. Jika terlalu banyak pengguna menemukan situs web Anda sulit dinavigasi, mereka akan pergi dengan cepat, yang akan membuat Google berpikir Anda tidak apa yang mereka cari dan menurunkan peringkat situs web Anda.

Social Media Optimization

social-media-marketing

Optimalisasi media sosial adalah SEO dan pemasaran media sosial digabungkan. Dengan hampir 3 miliar orang aktif di media sosial, peluang untuk memanfaatkan platform media sosial untuk mendapatkan visibilitas online adalah salah satu yang telah diambil banyak bisnis. Di bawah layanan ini, merek, produk, atau layanan bisnis Anda diiklankan di saluran media sosial yang relevan.

pemasaran media sosial
Saluran media sosial yang paling umum termasuk Facebook, Twitter, dan YouTube, tetapi jika sebuah bisnis merasa seperti itu dapat memanfaatkan audiens target mereka di platform lain, itu bisa. Sebagai contoh, tampaknya tepat bahwa perusahaan perencana pernikahan atau butik sepatu akan beriklan di Instagram, tetapi perusahaan pembuangan limbah komersial lebih tepat untuk platform seperti LinkedIn.

SMO dirancang untuk membangun kepercayaan dengan pengguna online. Sementara SEO berfokus pada mesin pencari, SMO berfokus pada pembuatan konten yang dapat dipublikasikan pada berbagai jenis jejaring sosial. Ini juga termasuk mengoptimalkan halaman media sosial Anda sehingga pengguna dapat dengan mudah menghubungi bisnis dan dikonversi menjadi pelanggan yang membayar.

SEM, SEO, dan SMO untuk Usaha Kecil

Meskipun tidak semua strategi dapat berlaku untuk semua bisnis, ketiganya tersedia untuk bisnis dari semua ukuran. Terserah Anda untuk memutuskan strategi mana yang paling efektif untuk bisnis Anda dan dapat menyebabkan visibilitas tambahan dan peningkatan pendapatan.

SEM dapat membawa Anda ke puncak hasil dengan cepat dan bagus jika Anda mencari hasil cepat dengan anggaran terbatas. Namun, ini bukan hasil yang praktis jika Anda mencari jangka panjang karena biaya PPC dapat menumpuk dan bernilai lebih dari pendapatan tambahan yang Anda dapatkan.

SEO adalah solusi jangka panjang yang dapat terus memberi Anda hasil yang diinginkan. Namun, itu melibatkan banyak strategi untuk meningkatkan situs web Anda. Juga tidak ideal jika Anda menjual sesuatu untuk waktu yang singkat dan tidak punya waktu untuk menunggu rangking situs web Anda meningkat.

SMO juga merupakan solusi jangka panjang yang menjangkau pelanggan potensial di platform media sosial di mana banyak audiens target Anda berada. Adalah baik untuk memiliki platform media sosial untuk menjangkau pelanggan Anda, tetapi hanya jika Anda menggunakan platform yang tepat.

Jadi, mana yang tepat untuk Anda? Anda tidak perlu memilih satu strategi saja. Strategi pemasaran digital yang baik dapat memiliki kombinasi ketiganya untuk memastikan Anda memaksimalkan peluang untuk menjangkau sebanyak mungkin pelanggan potensial.

jika anda siap bersaing di dunia maya, maka anda akan membutuhkan jasa pembuatan website dari matob creative studio. dengan memiliki website yang SEO friendly, maka pemasaran jangka panjang website anda akan berhasil.

Tinggalkan Balasan