SEO 101 : Mengenal Internal Links [Tautan Internal]

  • Post category:SEO
  • Post comments:0 Comments

Tautan adalah bagian besar dari optimasi mesin pencari (SEO). Mereka dilacak dan diikuti oleh crawler mesin pencari yang bertanggung jawab untuk membuat dan memelihara indeks web Google, dan juga digunakan sebagai indikator kepercayaan.

PageRank, nama untuk algoritme peringkat Google, menentukan kredibilitas situs web sebagian berdasarkan pada kualitas dan kuantitas tautan yang menunjuk padanya. Untuk alasan ini, membangun tautan pada domain eksternal dapat dimengerti menjadi strategi SEO paling populer dan paling efektif.

Tetapi tautan eksternal ini bukan satu-satunya tautan yang penting di dunia SEO. Anda juga harus mempertimbangkan tautan internal — hyperlink di halaman web Anda sendiri — sebagai bagian dari strategi Anda.

Tautan internal tetap menjadi salah satu elemen SEO yang paling diabaikan, tetapi dengan panduan ini, Anda harus dapat lebih memahami cara kerja tautan internal, dan menggabungkannya ke dalam pendekatan SEO yang ada.

Cara Kerja Tautan Internal

Cara Kerja Tautan Internal

 

Kami akan mulai dengan lebih singkat tentang tautan internal, dan bagaimana perbedaannya dari tautan eksternal.

Semua hyperlink dirancang untuk membawa pengguna dari satu halaman web ke halaman web lainnya, biasanya dengan satu klik. Tautan itu sendiri mencakup URL, yang akan mengarahkan pengguna ke tujuan baru.

Jika tautan menunjuk ke domain yang sama sekali berbeda, tautan itu dapat dianggap sebagai tautan eksternal untuk domain itu. Tautan eksternal umumnya meneruskan “otoritas” ke domain tujuan, berdasarkan pada otoritas domain pengarah (dan beberapa faktor lain), kecuali ditentukan lain dengan tag “nofollow”. Semakin tinggi otoritas domain situs Anda, dan semakin tinggi otoritas tingkat halaman Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan peringkat untuk pencarian yang relevan dengan topik konten yang ada.

Jika tautan mengarah ke laman berbeda dalam domain yang sama, tautan itu dianggap sebagai tautan internal. Sebagai contoh, artikel ini adalah halaman di SEO.co. Jika kami menautkan ke halaman lain di SEO.co, itu dianggap sebagai tautan internal. Jika kami menautkan ke Wikipedia, itu dianggap sebagai tautan eksternal; kami akan memberikan otoritas ke Wikipedia (bukan yang diperlukan), tetapi tidak menyerahkan otoritas ke domain kami sendiri.

Tautan internal melayani beberapa tujuan praktis bagi pengguna:

  • Citations. Terkadang, Anda akan membuat referensi ke statistik atau bagian dari penelitian asli yang dijelaskan di tempat lain di situs Anda. Tautan cepat akan mengarahkan pengguna ke arah informasi ini, dan berfungsi untuk mendukung klaim Anda tanpa menyelesaikan pengeposan penelitian Anda.
  • Further reading. Jika pengguna tertarik pada suatu topik di situs Anda, mereka mungkin juga tertarik pada topik terkait. Sebagai contoh, pengantar kami dalam artikel ini mencatat perbedaan antara tautan eksternal dan tautan internal; artikel ini lebih difokuskan pada pembuatan tautan internal, jadi kami menyertakan tautan ke pos pada pembuatan tautan eksternal untuk siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut.
  • Easy navigation. Terkadang, ada tautan internal hanya untuk memudahkan orang melompat dari halaman ke halaman di situs. Ini sangat penting jika Anda ingin pengguna menghabiskan waktu sebanyak mungkin di situs Anda.
  • Calls to action. Anda juga dapat menggunakan tautan internal untuk memandu pengguna ke halaman tertentu, atau tindakan tertentu; misalnya, Anda dapat menautkan pengguna ke produk di toko Anda, atau mendorong mereka untuk menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut, menautkan mereka ke halaman kontak.

Seperti yang akan kita lihat, tautan internal memiliki manfaat tambahan karena cara penafsirannya oleh perayap mesin pencari.

Manfaat Membangun Tautan Internal untuk SEO

Pembuatan tautan internal adalah tentang menciptakan tautan yang lebih baik di antara halaman-halaman domain Anda. Praktik ini, ketika dijalankan dengan benar, hadir dengan tiga manfaat utama:

  • Indexing and context.

. Google mendasarkan peringkat pencariannya pada indeks yang terus diperbarui yang dipertahankannya, mengawasi setiap situs publik di web. Anda dapat menganggapnya sebagai perpustakaan informasi raksasa.

Untuk menemukan dan memperbarui informasi ini, ia menggunakan penggunaan bot yang dikenal sebagai “perayap,” atau “laba-laba,” yang secara konstan meramban konten baru, seperti mencari buku untuk ditambahkan ke rak perpustakaan.

Sangat penting untuk membuat konten Anda diindeks, dan membuatnya diindeks secepat mungkin, jika Anda ingin memaksimalkan peluang Anda untuk ditampilkan dalam pencarian dan mempercepat hasil SEO Anda.

Bot akan menemukan konten Anda pada akhirnya, tetapi jika ada jaringan tautan yang ketat yang memudahkan bot otomatis menemukan konten Anda, Anda bisa membuatnya diindeks lebih cepat. Selain itu, jenis halaman yang Anda tautkan dan teks Anchor yang Anda gunakan untuk tautan tersebut dapat membantu Google “memahami” konteks konten Anda.

  • Authority and search rankings.

Kedua, tautan internal dapat berperan dalam meningkatkan peringkat halaman Anda untuk kata kunci spesifik di mesin pencari. Sangat mudah untuk mendapatkan visi terowongan dalam SEO, memikirkan tautan eksternal adalah satu-satunya faktor yang memengaruhi wewenang Anda dan peringkat mesin pencari.

Namun, ada ratusan faktor peringkat yang perlu dipertimbangkan — dan tautan internal adalah salah satunya. John Mueller dari Google sendiri telah menyatakan, “Konteks yang kami ambil dari tautan internal sangat penting bagi kami… dengan jenis anchor text, teks di sekitar tautan.

Itu sangat penting bagi kami. ” Selain itu, Google telah menyatakan: “Jumlah tautan internal yang menunjuk ke suatu halaman adalah sinyal ke mesin pencari tentang kepentingan relatif dari halaman itu” (meskipun frasa ini telah diperbarui).

Memilih teks Anchor yang tepat untuk tautan internal Anda, dikombinasikan dengan strategi lain, dapat membantu Anda mendukung peringkat halaman untuk frasa kata kunci spesifik (dan frasa yang terkait secara semantik).

  • Time on page, content discovery, and revenue.

Tautan internal memiliki beragam pengaruh positif yang mempengaruhi perilaku pengunjung Anda. Tautan internal mendorong orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda, membaca artikel pelengkap dan menemukan konten baru.

Tautan internal persuasif juga dapat meningkatkan tingkat konversi Anda, meningkatkan laba Anda. Mereka bahkan dapat meningkatkan reputasi Anda, dengan asumsi mereka menjawab pertanyaan umum pengguna dan / atau mendukung konten berkualitas tinggi dengan cara lain. Efek ini konsisten baik, terlepas dari mana traffic Anda berasal.

Namun, indikasi positif dari konten berkualitas (seperti waktu yang dihabiskan di halaman dan rasio pentalan rendah) juga dapat mendukung peringkat pencarian yang lebih tinggi. Ini adalah efek multi-cabang dengan hampir tidak ada kerugian.

Kesimpulan

Pembuatan tautan internal bukanlah elemen terpenting dari kampanye SEO Anda, tetapi masih memiliki kekuatan untuk meningkatkan hasil Anda — baik dalam hal peringkat mesin pencari dan dalam hal mempengaruhi perilaku pengguna di tempat. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik dan lebih banyak konversi, ini merupakan kebutuhan praktis.

Yang mengatakan, perencanaan dan melaksanakan strategi membangun tautan internal bisa sulit, terutama jika Anda memiliki pengalaman SEO atau arsitektur web yang terbatas. Jika Anda memerlukan bantuan untuk inventarisasi halaman situs Anda saat ini, atau jika Anda siap untuk mengintegrasikan taktik baru ke dalam strategi SEO Anda, hubungi Matob Creative Studio untuk konsultasi gratis hari ini!

Tinggalkan Balasan